Feeds:
Posts
Comments

Ada kabar terbaru dari Weblog Astronomi Berbahasa Indonesia, yaitu bahwa blog ini sudah dipindahkan ke situs Dunia Astronomi. Semua isi dari weblog ini, kecuali komentar, sudah dipindahkan ke sana. Silakan berkunjung ke situs yang baru. Harap maklum atas pembenahan yang sedang dilakukan ini. Blog ini juga sudah tidak menerima komentar lagi. Terima kasih.

—————

Latest news! This blog has been moved into Dunia Astronomi. Please visit it from now on.

Advertisements

Baru saja kita menikmati fenomena Gerhana Matahari Cincin pada tanggal 26 Januari lalu. Mungkin Anda berhasil melakukan pengamatan cincin matahari atau hanya sekedar sabit matahari. Sekarang saatnya bersiap untuk menyaksikan fenomena gerhana lainnya, yaitu Gerhana Bulan Penumbra (GBP) yang akan terjadi pada hari Senin tanggal 9 Februari 2009.

Baca selengkapnya di duniaastronomi.com

Dua peristiwa gerhana Bulan sudah pernah saya bahas, yaitu gerhana Bulan total pada Agustus 2007 dan gerhana Bulan sebagian pada Agustus 2008. Kali ini saya akan membahas gerhana Matahari yang akan terjadi dalam waktu dekat ini, yaitu Gerhana Matahari Cincin (GMC) tanggal 26 Januari 2009.

Baca selengkapnya di duniaastronomi.com

Selamat datang tahun 2009, tahun yang dinanti oleh masyarakat astronomi dunia. Mengapa? Karena tahun 2009 dinyatakan sebagai The International Year of Astronomy (IYA2009) atau yang dalam bahasa Indonesia berarti Tahun Astronomi Internasional. Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan IYA2009 itu? Dan mengapa tahun 2009 yang dipilih?

Baca selengkapnya di duniaastronomi.com

Masih ingat tulisan saya tentang gerhana di bulan Agustus tahun lalu? Saat itu gerhana yang terjadi adalah gerhana bulan total yang kebetulan dapat diamati di Indonesia. Apakah ada yang terlewat dan tidak sempat mengamatinya? Jangan khawatir, karena dalam waktu dekat kita akan dapat mengamati gerhana kembali yang dapat diamati di semua bagian Indonesia. Bedanya kali ini yang terjadi adalah gerhana bulan sebagian. Dan gerhana ini akan menjadi kado spesial untuk Indonesia karena terjadi bersamaan dengan perayaan hari kemerdekaan kita, yaitu pada tanggal 17 Agustus 2008 dini hari.

Baca selengkapnya di duniaastronomi.com

Dapatkah kita mengamati planet yang ada di tata surya kita? Mungkin di antara kita ada yang bertanya seperti itu. Jawabannya adalah bisa, tetapi tidak semuanya. Lalu, planet mana saja yang bisa kita amati?

Baca selengkapnya di duniaastronomi.com

Pernahkah Anda perhatikan dengan seksama, bahwa bintang yang kita amati di malam hari tampak berkedip? Cahayanya berubah-ubah seperti lampu kelap-kelip, dan terkadang warnanya pun berubah-ubah dari putih ke biru atau merah dan sebaliknya. Sebenarnya bintang memancarkan energinya relatif konstan/stabil setiap saat. Jadi perubahan yang terjadi tidak berasal dari bintangnya. Ada hal lain yang menyebabkan bintang tampak berkedip. Apakah itu?

Baca selanjutnya di duniaastronomi.com